Laman

Senin, 09 Mei 2016

Baby Arsa Bayanaka, Firs time swimming!!


Libur panjang yang bertepatan dengan Isro mi’raj Nabi Muhammad SAW, wafatnya Isa Al-Masih serta diikuti libur sabtu minggu, betul-betul kami manfaatkan untuk kegiatan bersama keluarga. Disaat orang-orang mudik, keluarga kecil kami memutuskan untuk tidak kembali ke kampung halaman, walaupun ubun-ubun kami ini sepertinya sudah kangen dan perlu recharger di kampung halaman.



Kami mulai merencanakan dua hari untuk jalan-jalan di sekitar Cirebon, dan ingin sekali membawa si buah hati jalan-jalan sambil melatih motorik si baby. Kepikiran ternyata berenang adalah pilihan kami, karena sudah lama bayi ini tidak pernah dilatih berenang dan menurut kami usia 7 bulan ini merupakan usia yang sudah bisa diajak berenang walaupun masih dibatasi waktunya.

Pagi hari kami mempersiapkan beberapa perlengkapan dan makanan terutama untuk digunakan oleh si kecil. Kami mulai menyiapkan pakain ganti untuk renang yaitu satu celana pendek dan satu kaos jersey pemberian eyangnya arsa. Tidak lupa kami menyiapkan susu formula yang sudah dimasukan ke dalam botol dan juga makanan bayi. Kami pilih makanan yang memang tidak terlalu berat, sehingga memutuskan membawa makanan berupa buah alpukat yang sebelumnya sudah di blender. Tidak lupa kami membawa minyak telon, bedak bayi, popok bayi, sabun dan shampo, serta baju ganti, kaos dalam, kaos kaki, selimut serta kupluk agar bayi tetap hangat. Tak lupa kami juga membawa pelampung, yang sudah lama kami beli namun belum pernah dipake maksimal.

Perjalanan menuju kolam renang kami tempuh sekitar 10 menit, maklum jalanan di kota ini sangat lengang dan tidak ada istilah macet dan bahkan volume kendaraan cenderung jarang. Sesampainya di kolam renang, baby Arsa mulai dilucuti pakaiannnya dan berganti dengan pakaian renang yang sudah kami persiapkan. Kami melihat baby ini suka sekali dengan air. Dia mulai memandang gemericik air yang perlahan keluar dari kolam renang dan ternyata dia senyum, bergumam sambil sesekali memasukan tangannya ke dalam mulut dan sesekali tangannya seperti diayun-ayunkan. Tentunya ini tandanya bayi tersebut senang dengan kondisi ini.

Sebelum masuk ke kolam renang, baby arsa dipijit terlebih dahulu dan diajak olahraga dengan cara membaringkan bayi dalam posisi terlentang kemudian kedua tangnnya dipegang untuk diangkat secara perlahan sampai akhirnya dia duduk. Posisi ini kami lakukan sekitar 4 kali.

Aku mulai berselonjor di tepian kolam renang dan Baby Arsa mulai didudukan di pangkuanku sambil dikenalkan dengan air dingin. Berdasarkan refernsi yang kami baca, ternyata air dingin boleh digunakan oleh anak di usia lebih dari 6 bulan namun tidak boleh lebih dari 10 menit. Kami mulai berkomunikasi dengan istri agar memperhatikan waktu mulai dan berakhirnya renang. Perlahan baby arsa dibasahi kakinya, paha, bagian pantat, pinggang lalu dada dan punggung. Kamipun melakukan ini sekitar 2 menit karena rupnya bayi ini pengen cepat nyebur seluruh badannya. Kamipun mulai memasangkan pelampung agar aman pada saat dia berenang.

Arsapun mulai masuk kolam renang secara utuh. Kami mencoba melepaskannya tanpa dipegang. Harus diperhatikan tentunya keamanan telinga, jangan sampai ada air yang masuk ke dalam telinga atau mulut. Biasanya anak 7 bulan masih dalam masa oral. Artinya segala sesuatu yang dapat diaraihnya masuk semuanya ke dalam mulut.

Baby arsa mulai berenang dan senyum, mengoceh gembira dengan posisi kaki yang ditendang-tendangkan. Kami mencoba untuk mengajak anak bermain-main dengan air. Menggoyang-goyangkan tangan dan kaki. Kegiatan ini kami lakukan sampai sekitar 8 menit dan ternyata bayi sudah mulai menggigil tandanya sudah kedinginan. Bagi ibu atau bapak yang akan mengajak buah hatinya berenang ketatlah dengan waktu jangan sampai lebih dari 10 menit apalagi di kolam air dingin. Perhatikan juga kebersihan kolam renang, jangan sampai mengajak bayi ke tempat yang airnya kotor, jorok dan jarang dibersihkan oleh pengelola.

Setelah 10 menit, baby arsa dibersihkan dikamar mandi, lalu dikeringkan dengan handuk dan dipakaikan selimut agar tidak kedinginan. Kamipun mulai mengoleskan minyak telon, bedak bayi dan memakaikan pakain lengkapnya. Baby arsapun mulai dikasih susu lalu makan dan tertidur pulas sampai akhirnya pulang kerumah.

Inilah aktifitas libur panjang keluarga kecil kami di hari pertama.

Cirebon, 28 April 2016






Tidak ada komentar:

Posting Komentar