Laman

Kamis, 13 Januari 2011

SINOPSIS KESUKSESAN PEREMPUAN DALAM BISNIS KUE KERING


Siti Aminah atau akrab di panggil dengan Ibu Aam adalah seorang pebisnis kue kering di wilayah Bekasi dan Cipinang Melayu. Bisnisnya terbentuk sejak tahun 2002 berkat keikutsertaannya dengan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang digagas oleh YAPARI bekerjasama dengan Bina Swadaya Konsultan. KSM yang diikutinya bernama KSM Mawar Merah yang beralamat di Cipinang Melayu, Rt 01 Rw 04 Kali Malang Jakarta Timur berdampingan dengan AKPINDO. KSM merupakan wadah partisipasi masyarakat yang terdiri dari kumpulan orang-orang yang menyatukan diri dalam satu kesamaan kepentingan sehingga membentuk suatu wadah perkumpulan. KSM Mawar Merah bergerak di Bidang Koperasi Simpan Pinjam, sehingga anggotanya di wajibkan untuk membayar sumbangan wajib sebesar 7000 rupiah dan sumbangan sukarela. 
Berkat kerjakeras, keuletan dan dampingan dari Pembina KSM, Ibu Aam akhirnya menjadi seseorang yang sukses mengembangkan bisnisnya hingga sekarang.  Bisnis yang sekarang berkembang berawal dari modal pinjaman KSM. Dari modal tersebut beliau memanfaatkannya dengan membeli oven, tabung gas, perlengkapan kue serta untuk bahan-bahan pembuatan kue.
Berawal dari bisnis kue basah yang di jajakan di etalase depan rumah, sekarang ibu Aam telah di kenal oleh masyarakat luas.  Dengan produk kue yang berkualitas sehingga secara tidak langsung strategi marketingnya dilakukan melalui pera pelanggannya. Tidak jarang pemesannya berasal dari Kantor-kantor pemerintahan seperti Kementrian Koperasi, Kementrian Sosial serta berbagai pesta pernikahan, ulang tahun, acara arisan, momen hari raya idul fitri, natalan, tahun baru dan Imlek dengan penghasilan bersih per hari pada awal usanya mencapai 40 ribu rupiah.  Saat ini stelah berbisnis 9 tahun telah memperoleh pendapatn bersih Rp. 4 juta/bulan.
Hasil dari kerjakaerasnya, beliau telah mampu membeli rumah, Toko sembako serta toko bunga plastic yang di jajakan beserta suaminya di Bekasi.
Walaupun beliau hanya lulusan Sekolah Dasar, cita-citanya untuk mengajak anggota KSM untuk terus berjuang dan mengikuti jejak langkahnya sungguh luar biasa. Terbukti dengan sering diselenggarakannya pelatihan yang secara khusus di ajarkan kepada para Ibu-ibu anggota KSM tentang berbagai hal berkaitan dengan pengolahan kue kering maupun basah serta keterampilan lainnya seperti keterampilan salon dan keterampilan menjahit.
Ibu Aam memang sosok perempuan yang lembut, disamping ulet, tekun, dia juga seorang yang memiliki cita-cita luar biasa.  Keinginan produknya masuk ke pasar swalayan adalah salah satu keinginan besarnya, hanya saja sampai saat ini produknya belum terdaftar di badan POM RI.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar