Laman

Jumat, 14 Januari 2011

PENGEMBANGAN PENDIDIKAN BERBASIS ICT

    Globalisasi yang ditandai oleh perkembangan Information and Communication Technology (ICT), telah mampu mengubah dinamika peradaban manusia masa kini. Dalam era ICT sperti sekarang ini, sudah mulai connected satu dengan yang lainnya, tidak hanya dalam satu Negara, tetapi di seluruh penjuru dunia. Internet adalah salah satunya, dan produk ini akan memicu dan memacu penyusunan program-program pendidikan, baik formal, informal maupun non formal. Dalam makna lain, pemanfaatan computer dan internet merupakan ciri utama pembaharuan atau modernisasi dalam menggalakan program-program pendidikan baik pendidkan sekolah maupun pendidikan luar sekolah.
             Memasuki era ICT ini, program-program pendidikan sekolah maupun Luar sekolah harus adaktif dan bertindak cepat dalam menyikapi setiap perubahan. Pemanfaatan teknologi komunikasi informasi yang tepat dalam penyelenggaraan program-program Pendidikan telah menjadi kebutuhan utama yang tidak dapat ditawar-tawar lagi. Penggunaan perangkat ICT ini diharapkan mampu mempercepat laju akses pengetahuan dan informasi yang fungsional oleh masyarakat sebagai peserta didik sehingga terbangunnya learning society yang melek informasi dapat segera terwujud.
        Informasi teknologi pada saat ini telah menjadi kebutuhan utama dalam perkembangan setiap aspek kehidupan. Dalam bidang pendidikan proses pembelajaran tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu. Adanya situasi belajar baru yang tidak lagi mengikuti pola lama yang berpusat pada guru atau fasilitator membuktikan bahwa peran ICT sangat penting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar