Laman

Jumat, 14 Januari 2011

5 komponen Sistem Informasi

Sistem merupakan sekumpulan unsur atau elemen yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi dalam melakukan kegiatan bersama untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Kaitannya system dengan system informasi adalah bahwa system informasi merupakan sekumpulan komponen pembentuk system yang mempunyi keterkaitan antara satu komponen dengan komponen lainnya yang bertujuan menghasilkan suatu informasi dalam suatu bidang tertentu, misalnya dalam komponen perangkat computer ataupun perangkat kerja lainnya. Dalam system informasi diperlukan adanya klasifikasi alur informasi, hal ini disebabkan keanekaragaman kebutuhan akan suatu informasi oleh si pengguna informasi. Adapun criteria dari system informasi adalah bahwa system informasi ersifat flexible, efektif dan efisien.
5 Komponen informasi yang tertuang dalam gambar diagram diatas menujukan bahwa terdapat keterkaitan antara satu komponen dengan komponen lainya. Dengan kata lain bahwa Software resources, Hardware resources, network resources, data resources dan people resources merupakan satu rangkaian yang tidak bias dipisahkan di dalam membuat suatu jaringan informasi atau jaringan dalam segi bisnis apapun. Bias kami jelaskan bahwa:
Software resources merupakan dukungan perngkat lunak yang di format dan disimpan secara digital termasuk program computer, dokumentasi, dan berbagai informasi yang bias ditulis dan di baca lewat computer. Dengan kata lain software resources merupakan perangkat lunak atau bagian dari perangkat computer yang tidak berwujud yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras.
Hardware resources merupakan daya dukung perangkat keras atau wujud dari computer itu sendiri dengan kata lain semua bagian fisik dari computer yang dapat dioperasikan melalui perangkat lunaknya, sehingga computer tersebut berjalan sesuai dengan fungsinya.
Network Resources merupakan sumber daya jaringan atau lebih dikenal dengan sebuah system yang terdiri atas computer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja secara bersama-sama untuk mencapai tujuan yang sama dengan memberdayakan berbagai pemakaian, kegunaan dan fungsi dari jaringan itu sendiri, sehingga setiap yang membutuhkan dari pemanfaatan jaringan tersebut dapat merasakan kegunaannya.
Data Resources merupakan peran yang paling terpenting dalam memajukan sebuah system informasi. Daya dukung data sangat menentukan terbangunnya system informasi yang ideal. Dengan berbagai data yang ada, orang akan melihat sejauh mana kompetensi dari system informasi yang di bagungn misalnya oleh sebuah perusahaan tersebut. Dengan kata lain sumber daya data merupakan kumpulan dari semua catatan yang berdasarkan pada fakta-fakta tertentu. Data juga merupakan hal utama di dalam mengkaji masalah teknologi komunikasi dan informasi. Data menggambarkan sebuah representasi fakata yang tersusun secara terstruktur.
People Resources merupakan daya dukung dari manusia dalam mengembangan dan mengendalikan system informasi. Dalam hal ini sumber daya manusia merupakan sebuah bentuk interseksi/pertemuan antara bidang-bidang ilmu yang dikaji oleh manusia-manusia sehingga menghasilkan sebuah aplikasi data yang dapat diakses dan dimanfaatkan oleh orang-orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar